Bapak PR II melakukan kunjungan pada stand produk

 

Produk yang dipamerkan merupakan luaran dari hasil penelitian dari Hibah Penelitian Terapan program dari Ristek Dikti yang berjudulkan ” Desain Unit Usaha Kecil Menengah Daging Tiruan dari Umbi Kimpul Beserta Produk Turunannya”. Produk yang dipamerkan dalam bentuk sosis, nugget dan bakso beserta buku ajar dengan judul Aplikasi Teknologi Ekstruksi dalam Pengolahan Pangan.

Produk tersebut terbuat dari umbi kimpul dan isolat protein kedelai dengan memanfaatkan teknologi ekstruksi dengan desain sebagai berikut:

 

 

Mesin ekstruksi yang digunakan untuk pembuatan daging tiruan

Desain ekstruder, tersebut ditujukan untuk menghasilkan interaksi protein-protein yang membentuk jaringan matrik menyerupai serat yang menyerupai daging. Bahan daging terbuat dari isolat protein kedelai dan umbi kimpul. Peran umbi kimpul sebagai sumber karbohidrat adalah untuk memperbaiki tekstur dan kenampakan irisan dari produk. Kandungan senyawa fitokimia dalam umbi kimpul dapat meningkatkan manfaat kesehatan dari produk yang dihasilkan, sehingga produk turunan yang dihasilkan merupakan pangan fungsional yang dapat mencegah penyakit degeneratif seperti diabetes, hipertensi dan kolesterol.

Gambar produk yang dipamerkan

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *